Postingan

Menampilkan postingan dari Mei 6, 2025

kalimat dengan subjek (subject) yang gampang dipahami

Gambar
 Contoh kalimat dengan subjek (subject) yang gampang dipahami: 1. *I like coffee.* → (Saya suka kopi) 2. *She is my friend.* → (Dia adalah temanku) 3. *They play football.* → (Mereka main bola) 4. *The cat sleeps on the sofa.* → (Kucing itu tidur di sofa) 5. *My brother eats noodles.* → (Saudaraku makan mi) Catatan:  *Subjek* = yang melakukan (pelaku utama) dalam kalimat. Biasanya ada di awal kalimat. Mari Berdiskusi dan Berbagi Tentang Pendidikan  : 📌 Follow Guru Berbagi Ilmu dan Informasi  https://punyaekalestari.blogspot.com/?m=1 📌Follow Saluran Belajar Bahasa Inggris Mudah Untuk Pemula https://whatsapp.com/channel/0029VakEF5p2ER6Z4zPuP122 📌Follow Dinas Pendidikan Kota Pekalongan https://www.facebook.com/groups/605772066101418/?ref=share&mibextid=NSMWBT 📌 Buat Bapak Ibu Guru yang tidak ada waktu / kesulitan untuk membuat Administrasi Pembelajaran TK SD SMP SMA atau Administrasi lainnya bisa Hubungi kami Penyedia Administrasi guru  : Lihat katalog kami...

*AM dan PM* ⏰ itu dipakai buat nunjukin waktu dalam format 12 jam

Gambar
 *AM dan PM* ⏰ itu dipakai buat nunjukin waktu dalam format 12 jam:  *AM* = dari tengah malam sampai sebelum tengah hari  *➤ AM = "Ante Meridiem"* (sebelum tengah hari) Contoh: 7 AM = jam 7 pagi 10 AM = jam 10 pagi  *PM* = dari tengah hari sampai tengah malam ➤ *PM = "Post Meridiem"* (setelah tengah hari) Contoh: 1 PM = jam 1 siang 9 PM = jam 9 malam Tips gampang:  *AM* = pagi  *PM* = siang → malam

10 idiom yang sering digunakan dalam bahasa Inggris

Gambar
 *10 idiom yang sering digunakan dalam bahasa Inggris* *1. A piece of cake* - *Arti* : Sesuatu yang sangat mudah.   - *Contoh* : "The test was a piece of cake for her." _(Ujian itu sangat mudah baginya.)_ *2. Break the ice* - *Arti* : Memulai percakapan dalam situasi yang canggung.   - *Contoh* : "He told a funny story to break the ice at the meeting." _(Dia menceritakan kisah lucu untuk mencairkan suasana di rapat.)_ *3. Hit the nail on the head* - *Arti* : Mengatakan atau melakukan sesuatu dengan tepat.   - *Contoh* : "You hit the nail on the head with that suggestion." _(Kamu tepat sekali dengan saran itu.)_ *4. Let the cat out of the bag* - *Arti* : Secara tidak sengaja membocorkan rahasia.   - *Contoh* : "She let the cat out of the bag about the surprise party." _(Dia membocorkan rahasia tentang pesta kejutan.)_ *5. Under the weather* - *Arti* : Merasa tidak enak badan.   - *Contoh* : "I’m feeling a bit under the weather today....

"Upon"* artinya mirip dengan *"on",* tapi lebih formal atau puitis.

Gambar
  *"Upon"* artinya mirip dengan *"on",* tapi lebih formal atau puitis.  *Contoh:*   *Peace be upon him* = Semoga damai tercurah atasnya (Kalimat ini sering dipakai setelah menyebut nama nabi, kayak *Muhammad peace be upon him* )  *"Upon"* bisa berarti: ➤ di atas ➤ ketika ➤ terhadap Contoh lain:  *Once upon a time...* (Pada suatu waktu...)  *He looked upon her with kindness.* (Dia memandangnya dengan penuh kebaikan) Jadi ya, *"upon"* di "peace be upon him" artinya mirip *"kepada"* atau *"atas dirinya".*

Beda i am in vs i am at ?

Gambar
 *I am in the hospital* = kamu ada di dalam rumah sakit, mungkin sebagai pasien.  *I am at the hospital* = kamu berada di lokasi rumah sakit, tapi nggak fokus di dalamnya (bisa di luar, parkiran, atau cuma numpang lewat). Ringkasan:  *In* = di dalam  *At* = di lokasi (nggak harus di dalam)

Penjelasan tentang *Relative Pronouns*

Gambar
 Penjelasan tentang *Relative Pronouns👻 1. *who* (siapa) ➤ Untuk orang (subjek) Contoh: The girl who sings is my sister. (Perempuan yang menyanyi itu adikku) 2. *which* (yang mana) ➤ Untuk benda/hewan Contoh: The book which I read is interesting. (Buku yang kubaca menarik) 3. *that* (itu/bahwa/yang) ➤ Untuk orang dan benda (lebih umum dari who/which) Contoh: The movie that we watched was fun. (Film yang kita tonton seru) 4. *whom*  ➤ Untuk orang (objek), lebih formal Contoh: The teacher whom we met was kind. (Guru yang kami temui baik) 5. *whose*  ➤ Untuk menunjukkan kepemilikan Contoh: The boy whose bike is red is my cousin. (Anak yang sepedanya merah itu sepupuku) 6. *where*  ➤ Untuk tempat Contoh: This is the house where I grew up. (Ini rumah tempat aku dibesarkan) 7. *when*  ➤ Untuk waktu Contoh: The day when we met was special. (Hari saat kita bertemu itu istimewa)

Jenis Kendaraan (Vehicles) 🚗🚲🚆✈️

Gambar
 *Jenis Kendaraan (Vehicles) 🚗🚲🚆✈️* 1. *Car* - Mobil   2. *Bus* - Bus   3. *Truck* - Truk   4. *Motorcycle* - Sepeda motor   5. *Bicycle* - Sepeda   6. *Scooter* - Skuter   7. *Van* - Van   8. *Train* - Kereta   9. *Tram* - Trem   10. *Subway* - Kereta bawah tanah   11. *Taxi* - Taksi   12. *Ambulance* - Ambulans   13. *Fire truck* - Mobil pemadam kebakaran   14. *Police car* - Mobil polisi   15. *Pickup truck* - Mobil bak terbuka   16. *RV (Recreational Vehicle)* - Mobil motorhome   17. *Boat* - Perahu   18. *Ship* - Kapal   19. *Ferry* - Kapal feri   20. *Yacht* - Kapal pesiar   21. *Airplane* - Pesawat terbang   22. *Helicopter* - Helikopter   23. *Hot air balloon* - Balon udara   24. *Submarine* - Kapal selam   25. *Jet* - Jet   ...

_Bedanya pengunaan *On dan In* Dalam kendaraan 🚕

Gambar
  _Bedanya pengunaan *On dan In*  Dalam kendaraan 🚕_ Gunakan *“in”*  Kalau kendaraannya kecil dan tertutup (kayak mobil, taksi):  *in a car*   *in a taxi*  Karena kita masuk ke dalam seperti masuk ke ruangan. Gunakan *“on”*  Kalau kendaraannya besar atau terbuka/semi terbuka, atau kita naik di atasnya:  *on a bus*   *on a train*   *on a bike*   *on a plane*   *on a boat*  Tips gampang: Kendaraan pribadi kecil = *in*  Kendaraan umum atau terbuka = *on*  Contoh:  *I’m in the car.*   *I’m on the bus.*

Bedanya cuma satu huruf, tapi artinya jauuuh beda: 👻

Gambar
  Bedanya cuma satu huruf, tapi artinya jauuuh beda: 👻  *Knight* = ksatria (dibaca: nait) ➤ Contoh: The knight wore shining armor.  *Night* = malam (dibaca: nait juga) ➤ Contoh: I sleep at night.  *Knight & night* itu homophones → bunyinya sama, tapi arti & ejaannya beda.

Cara menyuruh orang untuk berhenti lakuin sesuatu

Gambar
 *Cara menyuruh orang untuk berhenti lakuin sesuatu!😠* 1. Stop it! – Berhenti! 2. Cut it out! – Udahan, deh! (kasual) 3. Quit it! – Berhenti! (mirip “Stop it”) 4. Don't do that! – Jangan lakukan itu! 5. Knock it off! – Cukup! / Udahan! (tegas, agak marah) 6. That's enough! – Sudah cukup! 7. Leave it alone! – Jangan ganggu itu lagi! 8. Give it a rest! – Udahan dulu, ah! 9. Put an end to this. – Akhiri ini. (lebih formal) 10. Can you stop doing that, please? – Bisa berhenti lakukan itu, ya? (sopan)

Fish vs Fishes

Gambar
 *Fish vs Fishes* 🐟🐠 🦈 1. *Fish (singular)*  Artinya: satu ekor ikan Contoh: I see a *fish* in the pond. (Artinya: Aku melihat seekor ikan di kolam.) 2. *Fish (uncountable/plural)*  Artinya: sekumpulan ikan dari spesies yang sama Contoh: There are many *fish* in the river. (Artinya: Ada banyak ikan di sungai.) Note: Walau jamak, tetap pakai "fish" kalau spesiesnya sama. 3. *Fishes (plural)*  Artinya: berbagai macam spesies ikan Contoh: The ocean is full of different *fishes.*  (Artinya: Laut penuh dengan berbagai jenis ikan.) Singkatnya:  *Fish* = bisa satu atau banyak dari spesies sama  *Fishes* = lebih dari satu jenis ikan (beda spesies)

Bedanya *Tree sama Three*

Gambar
  Bedanya *Tree sama Three* 🌲 🕒 1. *Tree*  Artinya: pohon Bacanya: */triː/*  Huruf t di depan → bunyinya *"tri"*  2. *Three*  Artinya: tiga Bacanya: */θriː/*  Huruf *th* di depan → bunyinya *"θ"* , seperti suara napas keluar lewat gigi: *"th-ri"*  Tips Bedain Bacanya:  *Tree* : kayak ngomong *"tri"* biasa  *Three* : lidah taruh di antara gigi, lalu ucapkan *"th"...* jadi *"three"*  Contoh kalimat:  *I see a tree outside.* (Aku lihat pohon di luar.)  *There are three cats.* (Ada tiga kucing.)

First vs One

Gambar
 *First vs One* 1️⃣ 1. *One, Two, Three...* = Angka (cardinal numbers) Dipakai untuk jumlah Contoh:  *I have two cats.* (Aku punya dua kucing)  *She bought five apples.* (Dia beli lima apel)  *2. First, Second, Third...* = Urutan (ordinal numbers) Dipakai untuk menyatakan urutan Contoh:  *I live on the second floor.* (Aku tinggal di lantai dua)  *She won first place.* (Dia juara pertama)

Kata Inggris yang Bacanya Sama

Gambar
 *Kata Inggris yang Bacanya Sama, Tapi Artinya Beda! 🔁🧠* Ini dia kosakata homophones — yaitu kata-kata yang pelafalannya sama, tapi ejaannya beda dan artinya juga beda! Cocok buat latihan telinga & makna! 1. *Pair (sepasang) & Pear (buah pir)*  baca: per – I bought a pair of shoes. – She ate a pear. 2. *Sea (laut) & See (melihat)*  baca: si – I love the sea. – I see you! 3. *Right (kanan/benar) & Write (menulis)*  baca: rait – Turn to the right. – I write a letter. 4. *Two (dua), Too (juga/terlalu), & To (ke/untuk)*  baca: tu – I have two cats. – Me too! – Give it to him. 5. *Flour (tepung) & Flower (bunga)*  baca: flauer – Add some flour to the mix. – That flower is pretty. 6. *Meat (daging) & Meet (bertemu)*  baca: mit – We ate meat. – Let’s meet at 5. 7. *Plain (biasa) & Plane (pesawat)*  baca: plein – I like plain rice. – The plane just landed.

So, Very, Really, Too: Gimana Bedanya?

Gambar
 *So, Very, Really, Too: Gimana Bedanya? 🧐✨*  *1. So*  Biasanya dipakai untuk menambah intensitas atau memperkuat kalimat. Sering dipakai dalam informal atau percakapan sehari-hari. ➤ Contoh: It’s so hot today! (Hari ini sangat panas!) 🌞  *2. Very*  Digunakan untuk memperkuat kata sifat (adjective) atau kata keterangan (adverb). Lebih formal dan umum. ➤ Contoh: She is very kind. (Dia sangat baik.) 💖  *3. Really*  Sama kayak very, digunakan untuk memperkuat kata sifat atau keterangan, tapi lebih kasual dan bisa juga menunjukkan keraguan atau kejujuran. ➤ Contoh: I really like this movie. (Aku sangat suka film ini.) 🎥  *4. Too*  Berguna untuk menyatakan kelebihan atau terlalu. Sering digunakan untuk mengekspresikan sesuatu yang berlebihan. ➤ Contoh: It’s too cold outside! (Di luar terlalu dingin!) ❄️

PERANGKAT PEMBELAJARAN JENJANG SD K13 DAN IKM

Gambar
  🌟 DOWNLOAD GRATIS ✅ PERANGKAT PEMBELAJARAN JENJANG SD ⭕ KURIKULUM MERDEKA DAN KURIKULUM 2013 🛑 PERANGKAT PEMBELAJARAN KURIKULUM MERDEKA ⿡ Perangkat IKM Kelas 1 🔜 s.id/modulajar_IKM1 ⿢ Perangkat IKM Kelas 2 🔜 s.id/modulajar_IKM2 ⿣ Perangkat IKM Kelas 3 🔜 s.id/modulajar_IKM3 ⿤ Perangkat IKM Kelas 4 🔜 s.id/modulajar_IKM4 ⿥ Perangkat IKM Kelas 5 🔜 s.id/modulajar_IKM5 ⿦ Perangkat IKM Kelas 6 🔜 s.id/modulajar_IKM6 🛑 PERANGKAT PEMBELAJARAN KURIKULUM 2013 ⿡ s.id/K13_Kelas1 ⿢ s.id/K13_Kelas2 ⿣ s.id/K13_Kelas3 ⿤ s.id/K13_Kelas4 ⿥ s.id/K13_Kelas5 ⿦ s.id/K13_Kelas6

Cara Perkenalan dalam Bahasa Inggris: Simple dan Santai

Gambar
 *Cara Perkenalan dalam Bahasa Inggris: Simple dan Santai! 🗣️✨*  *1. Nama (Name)*  Hi, my name is [Nama]. Hello, I'm [Nama].  *2. Umur (Age)*  I am [umur] years old. I’m [umur] years old.  *3. Hobi (Hobbies)*  My hobbies are [hobi]. I enjoy [hobi]. Contoh: My hobbies are reading, playing soccer, and cooking.  *4. Tempat Tinggal (Place of Living)*  I live in [tempat tinggal]. I’m from [kota atau negara]. Contoh: I live in Jakarta. I’m from Indonesia. 5. *Pekerjaan atau Studi (Occupation/Study)*  I am a [pekerjaan]. I am a student at [sekolah/universitas]. Contoh: I am a teacher. I am a student at XYZ University.  *6. Keluarga (Family)*  I have [jumlah anggota keluarga] in my family. I have [sibling(s), parents, etc.]. Contoh: I have 4 people in my family: my dad, mom, brother, and me.