Postingan

Menampilkan postingan dari Juni 27, 2025

Tes Kemampuan Akademik

 [Tes Kemampuan Akademik] Tes Kemampuan Akademik (TKA) 2025-2026 1. SD SMP di Maret April 2026 (menunggu SK bersama libur tahun 2026). 2. SMA SMK di sekitar 1-9 November 2025. 3. SD SMP *(Matemika dan Bahasa Indonesia)*  4. SMA SMK (Wajib: Matematika, Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris) serta 2 mapel pilihan (silakan baca mapel pilihan. Mapel pilihan khusus SMK ada Projek kreatif).  5. Soal SMA SMK dibuat pusat.  6. *Soal SD SMP dibuat pusat dan pemda* (khusus SMP ditelaah provinsi agar kualitas soal di kabupaten kota sama sehingga hasilnya dapat digunakan dalam SPMB).  7. Wajib ada *pengawas silang* dan ada penyelia (pengawas yang mengawasi pengawas ujian)  8. Tetap ada SNBT tidak menggantikan, hasil *TKA sebagai alat validasi rapor di SNBP.* 9. Ujian utama gratis.  10. Ujian mandiri dan perbaikan (rencananya berbayar). 11. Bahan ujian *irisan K13 dan Kurikulum Merdeka.* Hanya sampai kelas XI untuk SMA SMK. Kalau SD SMP semua materi.  12. *Jenis...

Terkait Kebijakan Kurikulum

 [Kurikulum] Terkait Kebijakan Kurikulum 1. Perubahan kurikulum untuk perbaikan bukan untuk menyulitkan.  2. *Profil pelajar Pancasila* diganti biar tak ada kerancuan karena Pancasila ada 5 sedangkan dimensi profil pelajar Pancasila ada 6. Oleh karena itu biar lebih umum diubah menjadi profil lulusan 3. Penataan kembali *SKL* (sudah terbit). Mohon ditunggu ya untuk standar isi, proses dan penilaian.  4. Reviu struktur kurikulum. Ada *mapel Koding dan KA* di kelas 5-12 sebagai mata pelajaran pilihan, jika tak siap maka tak usah dipilih.  5. Koding KA dimulai kelas 5, 7 dan 10. 6. Koding KA kelas 5-10 sebanyak 2JP sedangkan kelas 11-12 sebanyak 5 JP, khusus SMK maksimal 4 JP.  7. *CP* tidak ada penambahan materi hanya ada pengurangan materi. Buku masih aman digunakan.  8. *P5* dihilangkan diganti kokurikuler. Bisa berupa pembelajaran antar interdisipliner dengan nilai masuk ke mata pelajaran masing-masing.  9. Beban mengajar guru akan ada perubahan terka...

Program Kepemimpinan Sekolah

Gambar
*Program Kepemimpinan Sekolah*  merupakan strategi penting untuk memperkuat ekosistem pendidikan melalui kepemimpinan yang transformasional, kolaboratif, dan membawa dampak nyata di tingkat satuan pendidikan. Tujuan program ini tidak hanya untuk menyiapkan calon kepala sekolah, pengawas sekolah, dan tenaga kependidikan, tetapi juga untuk meningkatkan kompetensi dan karakter pemimpin agar mampu menjadi penggerak perubahan. Harapannya, mereka dapat mendorong inovasi, memperkuat budaya belajar, dan menginspirasi seluruh elemen pendidikan. Dengan demikian, program ini diharapkan melahirkan pemimpin-pemimpin pendidikan yang tangguh, adaptif terhadap perkembangan zaman, dan berkomitmen pada peningkatan kualitas pembelajaran.  

Bangun Karakter Hebat dari Hal-hal Sederhana

Gambar
  πŸ’‘ *Bangun Karakter Hebat dari Hal-hal Sederhana* Dalam dunia yang serba cepat dan penuh tantangan, terkadang kita lupa bahwa kekuatan terbesar justru terletak pada hal-hal sederhana. Menyapa orang lain dengan hangat, mengucapkan terima kasih, atau meminta maaf dengan tulus—semua itu mungkin tampak sepele, tapi mampu menciptakan dampak luar biasa. Etika bukan sekadar aturan, tapi cerminan hati. Ketika kita meminta izin sebelum mengambil sesuatu, atau membantu orang yang sedang kesusahan, kita sedang menanam benih kepercayaan dan kebaikan. Saat kita tidak menertawakan kekurangan orang lain dan memilih untuk menatap sambil benar-benar mendengarkan, di situlah empati hidup. ✨ Dunia ini tidak butuh lebih banyak orang yang hanya pintar. Dunia butuh lebih banyak orang yang tahu cara menghargai, mendengarkan, dan memberi arti. Mari kita mulai dari diri sendiri. Jadilah pribadi yang menghadirkan rasa nyaman di tengah kegaduhan.  Karena setiap etika baik yang kita terapkan hari ini, ...

Penjelasan dan Contoh Susunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mendalam (RPM)

Gambar
 *Penjelasan dan Contoh Susunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mendalam (RPM)* https://www.datadikdasmen.com/2025/06/rpm-pauddikdasmen.html *Susunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mendala (RPM)*  *1. Identifikasi* *2. Desain Pembelajaran* *3. Pengalaman Belajar* *4. Asesmen* Untuk Penjelasan dan Contoh Perencanaan Pembelajaran Mendalam (RPM), Silahkan klik Link dibawah : πŸ›‘ *Rencana Pembelajaran Mendalam (RPM) SD* ✅ datadikdasmen.com/2025/06/rpm-sd.html πŸ›‘ *Rencana Pembelajaran Mendalam (RPM) SMP* ✅ datadikdasmen.com/2025/06/rpm-smp.html πŸ›‘ *Rencana Pembelajaran Mendalam (RPM) SMA* ✅ datadikdasmen.com/2025/06/rpm-sma.html

Linimasa UKPPG Guru Tertentu Tahun 2025

Gambar
Selamat untuk Rekan rekan yang jurnal modul 1 2 3 sudah tervalidasi semua Santai sejenak sambil  Bersiap siap untuk pendaftaran UKPPG Untuk jadwal seperti yang admin bagikan dibawah Postingan ini Yang belum tervalidasi semua Tetap semangat ya ❤️πŸ’ͺπŸ’ͺ  Linimasa UKPPG Guru Tertentu Tahun 2025

Silahkan yg memerlukan sertifikat OSN untuk peserta lomba.

 [Sertifikat Lomba]  Silahkan yg memerlukan sertifikat OSN untuk peserta lomba. πŸ”¬ *OSN:*  https://kkg.pembatik.web.id/sertifikat-lomba/osn/ 🎭 *FLS3N:*  https://kkg.pembatik.web.id/sertifikat-lomba/fls3n/ πŸŽ‰ *MAPSI:* https://kkg.pembatik.web.id/sertifikat-lomba/mapsi/ ⚽ *O2SN:* https://kkg.pembatik.web.id/sertifikat-lomba/o2sn/ _NB: Bukan resmi dari pusat. Hanya sekedar reward apresiasi agar siswa memiliki motivasi lebih untuk tetap terus belajar._

Font/Jenis Huruf Pada E-Ijazahberubah

Gambar
 *Font/Jenis Huruf Pada E-Ijazahberubah.* Cek: https://ijazah.data.kemdikbud.go.id/manajemen/#/sign-in Haruskah cetak ulang? πŸ€”

penekanan dengan “Do” di Kalimat Positif Present Simple

Gambar
 *Menganalisis penekanan dengan “Do” di Kalimat Positif Present Simple* 🧐 Biasanya kita pakai “do” untuk tanya atau negatif, tapi bisa juga untuk memberi emphasis di kalimat positif — sedikit berat tapi memberi kekuatan dramatis! πŸ” Contoh & Struktur: I do love this song!  (bukan hanya suka, tapi sangat suka!) He does understand your point. (tegas menegaskan pemahaman) πŸ“Š Analisis: 1. Tambahkan do/does sebelum base verb 2. Tidak untuk tenses lain (hanya present simple) 3. Memberikan tekanan kuat pada perasaan atau kebenaran Kalimat mana yang menegaskan “saya benar-benar mencintaimu” secara tegas? πŸ’› I love you. πŸ’™ I do love you. ❤️ I am loving you. πŸ’š I will love you. ✅ Jawaban: πŸ’™ I do love you. Penjelasan: “do” + base verb memberikan emphasis seperti dijelaskan di materi. Berbagi ilmu dan Informasi Pendidikan  : πŸ“Œ Channel WhatsApp *Saluran Belajar Bahasa Inggris Dan UPDATE Informasi Untuk Guru plus Tendik* https://whatsapp.com/channel/0029VakEF5p2ER6Z4zPuP122 _✍️?...

Penggunaan “Used to” vs “Would” untuk Kebiasaan Masa Lalu

Gambar
 *Penggunaan “Used to” vs “Would” untuk Kebiasaan Masa Lalu*  Kamu mungkin pernah bingung antara “used to” dan “would.” Kedua-duanya berbicara soal kebiasaan masa lalu, tetapi ada nuance penting! Kita akan membedakan, menerapkan, menganalisis, dan menyimpulkan penggunaannya: πŸ” Perbedaan dan contoh: Used to + verb: tindakan atau keadaan di masa lalu yang tidak lagi terjadi I used to live in Bali. (tahun lalu, sekarang tidak) Would + verb: kebiasaan masa lalu, biasanya cerita naratif, tanpa menyatakan keadaan Every summer, we would go swimming. Analisis: gunakan used to untuk menunjukkan perubahan keadaan atau kebiasaan. would hanya untuk kebiasaan, tidak untuk keadaan. Kesimpulan: banyak orang pakai keduanya secara salah, padahal keadaan nya jelas! Berbagi ilmu dan Informasi Pendidikan  : πŸ“Œ Channel WhatsApp *Saluran Belajar Bahasa Inggris Dan UPDATE Informasi Untuk Guru plus Tendik* https://whatsapp.com/channel/0029VakEF5p2ER6Z4zPuP122 _✍️πŸ“Eka Lestari_