Postingan

Menampilkan postingan dari Juli 3, 2025

*Program prioritas Kemendikdasmen* ❤️

Gambar
 *Program prioritas Kemendikdasmen* ❤️ Berbagi ilmu dan Informasi Pendidikan  : πŸ“Œ Channel WhatsApp *Belajar Bahasa Inggris Dan UPDATE Informasi Untuk Guru plus Tendik* https://whatsapp.com/channel/0029VakEF5p2ER6Z4zPuP122 _✍️πŸ“Eka Lestari_

Contoh Kegiatan Persiapan MPLS yang Menyenangkan

 *Contoh Kegiatan Persiapan MPLS yang Menyenangkan* *Senin, 14 Juli 2025* ▶️ Upacara ▶️ Pembukaan MPLS (Apel Pagi) ▶️ Menyanyikan Lagu Indonesia Raya ▶️ Sambutan Kepala Sekolah ▶️ Penyerahan peserta didik baru oleh perwakilan orang tua kepada sekolah ▶️ Pengenalan guru & staff ▶️ Menyanyikan lagu "Hari Pertama ke Sekolah" ▶️ Pengenalan pembiasaan & kegiatan di sekolah ▶️ Doa bersama *Selasa, 15 Juli 2025* ▶️ Menyanyikan lagu "Pagiku Cerahku" ▶️ Safari Sekolah ▶️ Perkenalan siswa dikelas masing-masing ▶️ Membuat name tag ▶️ Pembiasaan 5S & pengenalan tata cara menjaga lingkungan sekolah *Rabu, 16 Juli 2025* ▶️ Senam bersama ▶️ Pengenalan seragam & atribut sekolah ▶️ Pengenalan Ekskul ▶️ Permainan edukatif *Kamis, 17 Juli 2025* ▶️ Pembiasaan ▶️ Pengenalan tata tertib sekolah ▶️ Makan sehat ▶️ Ice breaking ▶️ Keterampilan menggambar mewarnai ▶️ Asesmen diagnostik awal siswa (menulis permulaan) *Jumat, 18 Juli 2025* ▶️ Menyanyikan salah satu Lagu Nasiona...

7 Kebiasaan Anak Indonesia Hebat ( KAIH) Selaras dengan SKL 2025

 *7 Kebiasaan Anak Indonesia Hebat ( KAIH) Selaras dengan SKL 2025: Karakter Tak Sekadar Tambahan, Tapi Inti Pendidikan* Dalam Permendikdasmen No. 10 Tahun 2025, Standar Kompetensi Lulusan (SKL) disusun dengan 8 dimensi utama yang sangat sejalan dengan 7 KAIH. 1. Bangun pagi → Kemandirian 2. Beribadah → Keimanan dan ketakwaan 3. Berolahraga → Kesehatan 4. Makan sehat → Kesehatan dan kesadaran diri 5. Gemar belajar → Penalaran kritis dan komunikasi 6. Bermasyarakat → Kewargaan dan kolaborasi 7. Tidur cepat → Keseimbangan hidup dan regulasi diri Tak diragukan lagi, ketika 7 kebiasaan ini dibiasakan setiap hari, maka karakter lulusan yang diharapkan SKL 2025 akan terwujud dengan kuat dan alami. Bukan karena hafalan atau pengajaran satu arah, melainkan karena internalisasi nilai dalam kehidupan harian. Berbagi ilmu dan Informasi Pendidikan  : πŸ“Œ Channel WhatsApp *Belajar Bahasa Inggris Dan UPDATE Informasi Untuk Guru plus Tendik* https://whatsapp.com/channel/0029VakEF5p2ER6Z4zPuP1...

APA YANG KITA PILIH

 *APA YANG KITA PILIH?* Saya kenal seseorang yang rumahnya berantakan sekali. Kebetulan bagian depan rumah itu adalah toko, dan karena barang-barang toko tidak ditata dengan rapi, sampai menyebar ke mana-mana hingga ke dalam rumahnya. Jika kita berjalan di ruang tamunya, bayangkan saja sedang berjalan di medan perang. Setiap langkah harus diperhitungkan jangan sampai menginjak sesuatu. Mata harus jeli menemukan celah kosong di antara lautan barang. Sungguh tantangan yang berat sekali. Berjalan tiga meter rasanya seperti marathon. Kita mungkin berharap punya kemampuan meloncat-loncat seperti kangguru demi melewati area itu dengan selamat. Saya pernah bertanya sejak kapan rumahnya berantakan seperti itu. Ia berpikir keras, mencoba mengingat-ingat, lalu mengatakan mungkin sejak 2007. Serius?! Jadi selama 18 tahun ia memilih untuk hidup tak nyaman di rumahnya sendiri? Ia bilang sebetulnya kalau disuruh memilih tentu ingin hidup dengan nyaman, namun ia tak punya waktu membenahi semua ke...

MAMPU MENGHASILKAN KARYA YANG BURUK, ITU BAGUS

 *MAMPU MENGHASILKAN KARYA YANG BURUK, ITU BAGUS!* Bertahun-tahun saya belajar menulis fiksi, namun belum juga menghasilkan karya. Mulai dari membaca buku panduan menulis, ikut berbagai kelas online, hingga workshop bersama penulis fiksi ternama di negeri ini. Tetap saja tidak membantu. Sampai pada suatu sore, dalam ruang terbuka, saya bertemu dengan seseorang yang memecahkan kebuntuan ini. Ia juga penulis senior, ia membocorkan rahasia suksesnya. _"You can't edit a blank page!"_ Maksudnya, mulailah dengan menulis satu halaman yang buruk, setelah itu diperbaiki agar lebih bagus. Sebab sebuah halaman yang kosong, tidak bisa diperbaiki sama sekali. Beliau juga mengatakan pesan berikutnya yang hingga hari ini masih saya ingat. _"Writing is rewriting is rewriting is rewriting is rewriting is rewriting is rewriting is rewriting is rewriting is rewriting is rewriting is rewriting is rewriting is rewriting is rewriting is rewriting is rewriting."_ Saya tidak yakin bera...

JANGAN KAGET JIKA BALASAN KEBAIKAN TIDAK SELALU KEBAIKAN

 *JANGAN KAGET JIKA BALASAN KEBAIKAN TIDAK SELALU KEBAIKAN* Pernah dengar cerita tentang perempuan yang sabar di sisi suaminya saat semua orang pergi? Suaminya adalah pengusaha yang sedang bangkrut dan utangnya dimana-mana. Perempuan ini rela menanggung malu ketika debt collector terus menggedor pintu, diabaikan keluarganya, bahkan saat suaminya sakit parah berbulan-bulan dan divonis tak bisa selamat, ia setia merawat suaminya yang terbaring lemah. Kini pelan-pelan semua pulih, usaha sang suami bangkit, hartanya kembali berlimpah, apa balasannya? Bukan pelukan hangat, bukan ucapan terima kasih, melainkan wanita lain yang secara sepihak dijadikan istri kedua oleh suaminya. Perempuan itu memilih pergi. Baginya, cinta harusnya tidak menyakitkan. Ia sabar jika kebaikannya selama ini dibalas sakit, barangkali memang sedang diajarkan ikhlas oleh Allah. Adalagi kisah tentang seorang pria baik hati yang membantu temannya bangkit dari keterpurukan. Ia memberi modal, membuka jaringan, bahkan...

KETIKA KATA-KATA MENGAJARKAN KEBERANIAN DAN KEHATI-HATIAN

 *KETIKA KATA-KATA MENGAJARKAN KEBERANIAN DAN KEHATI-HATIAN* Salah satu keindahan bahasa Arab, ada fenomena yang disebut _tazahum lafdzi_ yaitu bertemunya dua kata yang ketika dibaca terdengar mirip, padahal keduanya membawa makna yang berbeda. Contohnya adalah _hayah_ yang artinya kehidupan, dengan _haya_ yang artinya rasa malu. Fenomena ini sering dimanfaatkan oleh para penyair untuk mengarang bait-bait yang indah sekaligus mengecoh pendengarnya. Mari kita perhatikan syair berikut ini, روحي ΨͺΨ΄ΨͺΨ§Ω‚ Ψ₯Ω„Ω‰ Ψ§Ω„Ψ­ΩŠΨ§Ψ© Ω„ΩƒΩ† Ω‚Ω„Ψ¨ΩŠ Ω…ُΨ«ْΩ‚َΩ„ٌ Ψ¨Ψ§Ω„Ψ­َيَΨ§ Akhir dari dua bait ini hanya berbeda tipis dalam bunyi, namun membawa kita pada dua wacana yang berbeda. _Hayah_ adalah panggilan jiwa untuk hidup penuh semangat, mengejar mimpi, dan merangkul setiap kesempatan.  Sementara _haya_ adalah bisikan hati yang menjaga rasa malu, mengingatkan kita untuk tetap rendah hati dan menjaga kehormatan. Bangsa Arab di zaman dahulu senang mendengarkan syair, daripada membacanya. Itulah sebabnya mereka bisa terk...

PERTEMUAN YANG MENINGGALKAN JEJAK

 *PERTEMUAN YANG MENINGGALKAN JEJAK* Hidup adalah rangkaian pertemuan. Kita sering mendengar kata-kata bijak ini, dan memang benar adanya. Dalam hidup, kita mengalami berbagai pertemuan. Namun, tidak semuanya meninggalkan jejak mendalam. Misalnya, kemarin saya membeli semangka di toko buah. Itu bukanlah pertemuan yang istimewa. Jika toko itu tutup, saya bisa membeli di tempat lain. Bagi toko itu pun, kehadiran saya tidak terlalu berarti. Jika saya tidak datang, pasti ada pembeli lain yang akan mengambil semangkanya. Namun, kita sering tidak tahu mana pertemuan yang akan mengubah hidup. Ketika Brian Acton bertemu Jan Koum di sebuah kafe pada 2009, mereka tidak menyangka bahwa obrolan itu akan melahirkan WhatsApp, aplikasi yang kini menghubungkan 2,8 miliar orang di seluruh dunia. Tidak semua pertemuan besar dimulai dengan gegap gempita. Bayangkan seorang pelajar yang, di sela obrolan santai, ditawari rokok untuk pertama kali oleh temannya. Sekali coba, ia tak sadar telah melangkah k...

Kumpulan Contoh LKPD Koding

Gambar
 Koding Kumpulan Contoh LKPD Koding: https://drive.google.com/drive/folders/1fDegbPKNWYyPVPcHsg5QZ4wTCRmd4J2t * Berbagi ilmu dan Informasi Pendidikan  : πŸ“Œ Channel WhatsApp *Belajar Bahasa Inggris Dan UPDATE Informasi Untuk Guru plus Tendik* https://whatsapp.com/channel/0029VakEF5p2ER6Z4zPuP122 _✍️πŸ“Eka Lestari_

Struktur dasar sebuah kalimat bahasa Inggris

Gambar
Struktur dasar sebuah kalimat bahasa Inggris adalah: *SVO (Subjek-Verb-Objek)* - Subjek (S): Orang atau benda yang melakukan aksi. - Verb (V): Kata kerja yang menunjukkan aksi. - Objek (O): Orang atau benda yang menerima aksi. Contoh: - I (S) eat (V) an apple (O). (Saya makan apel.) - She (S) writes (V) a letter (O). (Dia menulis surat.) Struktur SVO ini adalah struktur kalimat dasar yang paling umum digunakan dalam bahasa Inggris. Namun, ada juga variasi lain seperti: - Kalimat pasif: Objek menjadi subjek kalimat. - Kalimat kompleks: Kalimat yang memiliki lebih dari satu klausa. Tapi untuk memulai, struktur SVO adalah dasar yang baik untuk memahami kalimat bahasa Inggris. Jadi bukan S.P.O.K ya guys Berbagi ilmu dan Informasi Pendidikan  : πŸ“Œ Channel WhatsApp *Belajar Bahasa Inggris Dan UPDATE Informasi Untuk Guru plus Tendik* https://whatsapp.com/channel/0029VakEF5p2ER6Z4zPuP122 _✍️πŸ“Eka Lestari_

Macam-Macam ‘LAMA’ dalam Bahasa Inggris

Gambar
 πŸŒŸ *“Macam-Macam ‘LAMA’ dalam Bahasa Inggris”* ⏳πŸ•°️ ⏰ Waktu yang lama – *A long time ago* > A long time ago, people used horses to travel. ⌛ Sudah lama banget – *It’s been a long time* > Wow, it’s been a long time since we met! 😩 Kok lama banget? – *What took so long?* > What took so long? I’ve been waiting forever! πŸ€” Berapa lama? – *How long?* > How long will it take to get there? 🐒 Jangan lama-lama– *Don’t take too long* > Hurry up! Don’t take too long! 😡‍πŸ’« Sudah lama banget (kesal/kaget) – *What took you so long?* > What took you so long? The meeting’s over!  πŸ”  Lama kelamaan – *Time after time* > Time after time, she proves her loyalty. Berbagi ilmu dan Informasi Pendidikan  : πŸ“Œ Channel WhatsApp *Belajar Bahasa Inggris Dan UPDATE Informasi Untuk Guru plus Tendik* https://whatsapp.com/channel/0029VakEF5p2ER6Z4zPuP122 _✍️πŸ“Eka Lestari_

Beban Kerja Guru

Gambar
 Beban Kerja Guru ```Permendikdasmen 11/2025 Tentang Pemenuhan Beban Kerja Guru``` - https://drive.google.com/file/d/1EGjHF1TUKjZ-J9QTKUifw9xHUxG9sXzB/view?usp=sharing * Pelaksanaan beban kerja selama *37 (tiga puluh tujuh) jam* dan 30 (tiga puluh) menit jam kerja sebagaimana dimaksud  dalam Pasal 2 bagi Guru mencakup kegiatan pokok: * a. merencanakan pembelajaran atau pembimbingan; * b. melaksanakan pembelajaran atau pembimbingan; * c. menilai hasil pembelajaran atau pembimbingan; * d. membimbing dan melatih murid; dan * e. melaksanakan tugas tambahan yang melekat pada pelaksanaan kegiatan pokok sesuai dengan beban kerja  Guru. > _☆ _ Berbagi ilmu dan Informasi Pendidikan  : πŸ“Œ Channel WhatsApp *Belajar Bahasa Inggris Dan UPDATE Informasi Untuk Guru plus Tendik* https://whatsapp.com/channel/0029VakEF5p2ER6Z4zPuP122 _✍️πŸ“Eka Lestari_