Postingan

Menampilkan postingan dari Juni 5, 2025

Pedoman Ijazah SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, SMK/MAK Tahun 2025

Gambar
Pedoman Ijazah SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, SMK/MAK Tahun 2025 Salah satu hal yang menarik dari edisi 2025 ini adalah penerapan sistem penomoran ijazah nasional (PIN) yang terintegrasi dengan Data Pokok Pendidikan (Dapodik). Hal ini bertujuan untuk memperkuat validasi dokumen ijazah dan mencegah pemalsuan. Selengkapnya : https://s.id/Pedoman-Ijazah-2025 Dengan menerapkan standar yang seragam, lembaga pendidikan dapat memastikan bahwa setiap lulusan membawa dokumen yang kredibel dan bisa dipertanggungjawabkan Update Materi Pembelajaran di

Program MPLS Transisi PAUD-SD Yang Menyenangkan

Gambar
 ๐Ÿ›‘ Program MPLS Transisi PAUD-SD Yang Menyenangkan ๐Ÿ”œ http://s.id/MPLS-SD ๐Ÿ›‘ Asessment Diagnostik IKM ๐Ÿ”œ s.id/Asessmen_Diagnostik ๐Ÿ›‘ Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan (KOSP) IKM ๐Ÿ”œ s.id/KOSP_IKM ๐Ÿ’ก๐Ÿ’ก๐Ÿ’ก๐Ÿ’ก๐Ÿ’ก

Buku Digital/Elektronik Kurikulum MERDEKA & Kurikulum 2013 SD,SMP,SMA,SMK

Gambar
  NEW Update !! Buku Digital/Elektronik Kurikulum MERDEKA & Kurikulum 2013 SD,SMP,SMA,SMK =========== ๐Ÿ›‘ Kumpulan Buku Kurikulum Merdeka https://s.id/Buku_IKM ๐Ÿ›‘ Buku IKM TK/PAUD ▶️ Buku TK/PAUD : s.id/1egRl ๐Ÿ›‘ New Buku IKM SD 1️⃣ Buku Kls 1 : s.id/1egRr 2️⃣ Buku Kls 2 : s.id/1egRu 3️⃣ Buku Kls 3 : s.id/1Pi88 4️⃣ Buku Kls 4 : s.id/1egRA 5️⃣ Buku Kls 5 : s.id/1egRG 6️⃣ Buku Kls 6 : s.id/1Pi8e ๐Ÿ›‘ New Buku IKM SMP 7️⃣ Buku Kls 7 : s.id/1egRJ 8️⃣ Buku Kls 8 : s.id/1egRM 9️⃣ Buku Kls 9 : s.id/1Pi8k ๐Ÿ›‘ New Buku IKM SMA / SMK ๐Ÿ”Ÿ Buku Kls 10 : s.id/1egRS ⏸️ Buku Kls 11 : s.id/1egRV ๐Ÿ”ข Buku Kls 12 : s.id/1Pi8q ====== ❤️๐Ÿ’™ Buku Guru dan Buku Siswa Kurikulum 2013 DIKDASMEN SD , SMP , SMA, SMK ๐Ÿ›‘ Buku Guru dan Buku Siswa SD/MI Kurikulum 2013 1️⃣ Buku Kls 1 : bit.ly/2VCFOK5 2️⃣ Buku Kls 2 : bit.ly/2VXEEsh 3️⃣ Buku Kls 3 : bit.ly/2WIQT9b 4️⃣ Buku Kls 4 : bit.ly/2E9ga5b 5️⃣ Buku Kls 5 : bit.ly/2W16jbx 6️⃣ Buku Kls 6 : bit.ly/2IBBIr5 ๐Ÿ›‘ Buku Guru dan Buku Siswa SMP/MTs Kurikulum 2013 7️⃣ Buku ...

Relative clauses (klausa relatif)

Gambar
  Relative clauses (klausa relatif) *✅ fungsi:* digunakan untuk menjelaskan lebih lanjut tentang noun (kata benda) dengan tambahan informasi. *✅ kata penghubung (relative pronouns):* • who → untuk orang • the girl who is singing is my sister. (gadis yang sedang bernyanyi itu adalah adikku) • which → untuk benda/hewan • i have a bike which is red. (aku punya sepeda yang berwarna merah) • that → untuk orang, benda, hewan (umum) • the book that you gave me is interesting. (buku yang kamu berikan itu menarik) • where → untuk tempat • this is the school where i study. (ini adalah sekolah tempat aku belajar) • when → untuk waktu • i remember the day when we met. (aku ingat hari saat kita bertemu) • whose → menunjukkan kepemilikan • the boy whose dog ran away is sad. (anak laki-laki yang anjingnya hilang itu sedih)

Reported speech (kalimat tidak langsung)

Gambar
 siaaaaap, ajarin banyak juga gapapa ๐Ÿ˜… Reported speech (kalimat tidak langsung) *✅ fungsi:* digunakan untuk mengulang atau melaporkan apa yang orang lain katakan tanpa mengutip langsung. *✅ contoh perubahan dari direct ke reported:* • direct speech: she said, “i am tired.” • reported speech: she said (that) she was tired. *✅ contoh lainnya:* • “i like music,” → he said he liked music. • “they are playing,” → she said they were playing. • “i will go,” → he said he would go. • “we saw the movie,” → they said they had seen the movie.

Question tags (ekor pertanyaan)

Gambar
 Question tags (ekor pertanyaan) *✅ fungsi:* digunakan untuk mengonfirmasi sesuatu atau mencari persetujuan dari lawan bicara. *✅ rumus:* kalimat utama positif → tag-nya negatif kalimat utama negatif → tag-nya positif *✅ contoh:* • you are tired, aren’t you? (kamu capek, kan?) • she isn’t here, is she? (dia tidak di sini, kan?) • we can go now, can’t we? (kita bisa pergi sekarang, kan?) • they didn’t call, did they? (mereka tidak menelepon, kan?) *✅ catatan penting:* • selalu lihat kata kerja di kalimat utama untuk menentukan bentuk tag-nya. • gunakan bentuk auxiliary verb atau modal verb dari kalimat utama.

Buat Literasi dan juga menjawab seputar IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA

Gambar
Buat Literasi dan juga menjawab seputar IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA sbb byk yg belum punya akun belajar 1. Buku Tanya Jawab Kurikulum Merdeka ๐Ÿน bit.ly/TJ_KurikulumMerdeka 2. Pedoman Penerapan Kurikulum Merdeka ๐Ÿน bit.ly/Pedoman_Kurikulum 3. Capaian Pembelajaran Revisi 2022 ๐Ÿน bit.ly/CP_Rev2022 4. Buku Teks Pelajaran Kurikulum Merdeka ๐Ÿน bit.ly/Buku-Kurikulum-Merdeka 5. Dimensi Profil Pelajar Pancasila ๐Ÿน bit.ly/DimensiPPP       6. Panduan Pengembangan Projek Penguatan PPP ๐Ÿน bit.ly/Projek_Penguatan_PPP       7. Perbedaan Kurikulum 2013 dan Kurikulum 2022 ๐Ÿน bit.ly/K13vsK22       8. Contoh Kurikulum Operasional Sekolah ๐Ÿน bit.ly/Kurikulum-Operasional-SP        9. Alur Tujuan Pembelajaran Kurikulum Merdeka ๐Ÿน bit.ly/ATP-Kurikulum-Merdeka         10. Contoh Modul Ajar Kurikulum Merdeka ๐Ÿน bit.ly/Modul-Kurikulum-Merdeka     ...

Modul Koding dan Kecerdasan Artifisial SD, SMP, SMA/SMK

Gambar
Modul Koding dan Kecerdasan Artifisial SD, SMP, SMA/SMK https://www.datadikdasmen.com/2025/06/modul-koding-kecerdasan-artifisial.html datadikdasmen.com - Modul KKA dirancang untuk membekali peserta didik dengan keterampilan digital abad ke-21, seperti berpikir komputasional, literasi digital, etika teknologi, dan kemampuan mencipta solusi berbasis AI. ๐Ÿ“Œ Modul Coding SD datadikdasmen.com/2025/06/modul-coding-sd.html ๐Ÿ“Œ Modul Coding SMP datadikdasmen.com/2025/06/modul-coding-smp.html ๐Ÿ“Œ Modul Coding SMA/SMK datadikdasmen.com/2025/06/modul-coding-sma-smk.html Dengan landasan koding dan kecerdasan artifisial yang kuat sejak dini, masa depan Indonesia bukan hanya cerah, tetapi juga cemerlang dan berdaulat secara teknologi.

MODUL PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5)

Gambar
MODUL PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5)  IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA https://s.id/Modul_P5 ๐Ÿ”ฎ Modul Projek P5 Fase A ( Kelas 1 dan 2) ๐Ÿน https://s.id/P5_FaseA ๐Ÿ”ฎ Modul Projek P5 Fase B ( Kelas 3 dan 4) ๐Ÿน https://s.id/P5_FaseB ๐Ÿ”ฎ Modul Projek P5 Fase C ( Kelas 5 dan 6) ๐Ÿน https://s.id/P5_FaseC ๐Ÿ”ฎ Modul Projek P5 Fase D ( Kelas 7,8 dan 9) ๐Ÿน https://s.id/P5_FaseD ๐Ÿ”ฎ Modul Projek P5 Fase E ( Kelas 10) ๐Ÿน https://s.id/P5_FaseE ๐Ÿ”ฎ Modul Projek P5 Fase F ( Kelas 11 dan 12) ๐Ÿน https://s.id/P5_FaseF

Yang membedakan bahasa Indonesia dengan bahasa Inggris itu terletak pada kata kerjanya

Gambar
  Saya mau bocorkan triknya ya dan silahkan teman-teman praktekkan langsung. Yang membedakan bahasa Indonesia dengan bahasa Inggris itu terletak pada kata kerjanya (verb). Contoh Saya makan. Kamu tidur. Mereka bermain. Dari 3 kalimat di atas, semua mengandung kata kerja. Betul apa tidak? Sehingga bahasa Inggrisnya adalah sebagai berikut : I (eat). You (sleep). They (play). Jika di dalam bahasa Indonesianya tidak mengandung kata kerja asli, maka datangkanlah pembantu yang berupa (is,am,are,was,where,be,been). Misal bahasa Indonesianya seperti berikut : Saya bahagia. Kamu adalah seorang guru. Dia laki-laki berada di Surabaya. Perhatikan 3 kalimat di atas, tidak ada sama sekali kata kerja asli yang menunjukkan aktivitas. Nah di sinilah kita perlu mendatangkan bantuan๐Ÿ˜Š. Sehingga jika diubah ke dalam bahasa Inggris akan menjadi: I (am) happy. You (are) a teacher. He (is) in Pekalongan. Mudah bukan bahasa Inggris itu? Jadi pelajari dari kalimat sederhana dulu baru nanti naik level. Semo...