Postingan

Menampilkan postingan dari Oktober 13, 2025

Bisa dalam bahasa inggris

Gambar

A few vs A little bedanya apa ya

🔸 Basic Grammar: *A few vs A little* Keduanya artinya “sedikit”, tapi dipakai untuk jenis kata benda yang berbeda. --- 📌 *A few* = sedikit tapi bisa dihitung (*countable nouns*) 👉 *I have a few friends.* → Aku punya beberapa teman 👉 *She bought a few apples.* → Dia beli beberapa apel 📌 *A little* = sedikit tapi ngga bisa dihitung (*uncountable nouns*) 👉 *We need a little sugar.* → Kita butuh sedikit gula 👉 *He has a little money.* → Dia punya sedikit uang --- 📌 Singkatnya: * *A few* → books, pens, eggs * *A little* → water, rice, oil --- 🚫 Contoh salah: 🚫 *I have a little apples.* ❌ ✅ *I have a few apples.* ✅ 🚫 *She needs a few sugar.* ❌ ✅ *She needs a little sugar.* ✅ --- ✨ Ini sering banget dipakai pas ngobrol santai tentang jumlah!

Relative Clauses (Klausa Relatif)

📘 *Relative Clauses (Klausa Relatif)* Klausa relatif dipake buat *ngasih informasi tambahan* tentang orang, benda, atau tempat tanpa harus bikin kalimat baru. --- 📌 *Who* → buat orang 📝 Contoh: 👉 *The girl who lives next door is my friend.* → Cewek yang tinggal di sebelah rumahku itu temenku. --- 📌 *Which* → buat benda atau hewan 📝 Contoh: 👉 *The book which I borrowed is very interesting.* → Buku yang aku pinjem itu menarik banget. --- 📌 *That* → bisa buat orang *atau* benda (lebih umum, sering dipake di speaking) 📝 Contoh: 👉 *The movie that we watched was amazing.* → Film yang kita tonton keren banget. --- 📌 *Where* → buat tempat 📝 Contoh: 👉 *This is the café where we met.* → Ini kafe tempat kita pertama ketemu. --- 📌 *Whose* → buat nunjuk kepemilikan 📝 Contoh: 👉 *I know the man whose car was stolen.* → Aku kenal pria yang mobilnya dicuri. --- 📌 Bedanya singkat: * *Who* → orang * *Which* → benda/hewan * *That* → orang & benda (lebih netral) * *Where* → tempat * *W...

I feel you itu apa ya

*I feel you* Gue ngerti perasaan kamu / Gue paham banget > Dipake pas mau nunjukin kalau kamu bisa merasakan hal yang sama dengan orang lain. 👥 CONVERSATION: *A:* This week has been so stressful. *B:* Yeah, `I feel you.` *A:* Minggu ini cape banget rasanya. *B:* Iya, `gue paham banget.`

Cut it out apa hayooo

*Cut it out* Berhenti deh / Udahan > Dipake pas mau nyuruh orang stop ngelakuin sesuatu yang ganggu atau nyebelin. 👥 CONVERSATION: *A:* (keceplosan gangguin terus) *B:* Hey, `cut it out!` *A:* (iseng banget gangguin) *B:* Eh, `udah deh berhenti!`

Much vs Many

🔢 Basic Grammar: *Much vs Many* *Much* dan *many* sama-sama artinya “banyak”, tapi dipakai untuk jenis kata benda yang berbeda. --- 📌 *Many* → buat *countable nouns* (yang bisa dihitung satuan) 👉 *She has many friends.* → Dia punya banyak teman 👉 *Are there many books in the library?* → Ada banyak buku di perpustakaan? 📌 *Much* → buat *uncountable nouns* (yang nggak bisa dihitung satuan) 👉 *He doesn’t have much money.* → Dia ngga punya banyak uang 👉 *How much water do you need?* → Butuh berapa banyak air? --- 📌 Perbedaan cepat: * *Many*: apples, cars, people, ideas * *Much*: rice, sugar, time, information --- 🚫 Contoh salah: 🚫 *I don’t have many money.* ❌ ✅ *I don’t have much money.* ✅ 🚫 *How much apples do you want?* ❌ ✅ *How many apples do you want?* ✅ --- ✨ Pahami, ini penting banget buat ngomongin jumlah dengan akurat dan natural!

Take your time itu apa sih

*Take your time* Santai aja / Ngga usah buru-buru > Dipake buat nyuruh orang lain ngelakuin sesuatu dengan tenang, tanpa tekanan. 👥 CONVERSATION: *A:* Sorry, I’m still getting ready. *B:* `Take your time.` We’re not in a hurry anyway. *A:* Maaf ya, aku masih siap-siap nih. *B:* `Santai aja.` Toh kita juga ngga buru-buru.

Adjective vs Adverb

🎯 Basic Grammar: *Adjective vs Adverb* *Adjective* dan *adverb* sama-sama buat ngasih keterangan, tapi ke bagian kalimat yang berbeda. --- 📌 *Adjective* = menjelaskan *noun* (kata benda) ➤ Jawab pertanyaan: *What kind?* / *Which one?* 👉 *She has a beautiful voice.* → Dia punya suara yang indah 👉 *It’s a big house.* → Itu rumah yang besar --- 📌 *Adverb* = menjelaskan *verb*, *adjective*, atau *adverb* lain ➤ Jawab pertanyaan: *How?* / *When?* / *Where?* 👉 *He runs quickly.* → Dia lari dengan cepat 👉 *They always come late.* → Mereka selalu datang terlambat 👉 *She sings very well.* → Dia bernyanyi dengan sangat baik --- 📌 Banyak *adverb* dibentuk dari *adjective + -ly*: ➤ *Quick → quickly* ➤ *Careful → carefully* --- 🚫 Contoh salah: 🚫 *She speaks loud.* ❌ ✅ *She speaks loudly.* ✅ 🚫 *He is a fastly runner.* ❌ ✅ *He is a fast runner.* ✅ --- ✨ Pahami perbedaan ini biar kamu tahu kapan harus pakai *-ly* dan kapan ngga!

Reported Speech (Kalimat Tidak Langsung)

📘 *Reported Speech (Kalimat Tidak Langsung)* Reported speech dipake buat *nyampein apa yang orang lain bilang* tanpa ngulang kata-katanya persis. Biasanya kita ubah tenses, pronoun, dan waktu biar nyesuaiin konteks. --- 📌 *Langsung (Direct Speech)* 👉 Dia bilang persis kata-katanya. *She said, "I am tired."* → Dia bilang, “Aku cape.” 📌 *Tidak langsung (Reported Speech)* 👉 Maknanya sama, tapi diubah jadi kalimat biasa. *She said (that) she was tired.* → Dia bilang kalau dia cape. --- 📌 *Perubahan umum dalam reported speech:* * *am/is → was*   Contoh: "I am happy" → She said she was happy * *are → were*   Contoh: "You are late" → He said I were late * *do/does → did*   Contoh: "Do you like it?" → He asked if I liked it * *have/has → had*   Contoh: "I have seen it" → She said she had seen it * *will → would*   Contoh: "I will go" → He said he would go * *can → could*   Contoh: "I can swim" → She said she could swim...
Jaman dulu guru mengajar, murid mendengarkan.. Jaman skrg guru memfasilitasi, murid berdiskusi. Muncul pertanyaan apakah murid benar2 paham? Jawabannya belum tentu. Yg hilang dr dunia pendidikan saat ini adalah disiplin, rasa hormat, fokus dan semangat belajar yg dulu bgtu kuat... Sudah saatnya menyatukan dunia pendidikan yg dulu dan yg ada saat ini, disiplin dr masa lalu dan kreativitas di masa skrg... Gonta ganti kurikulum pun tidak akan menyelesaikan masalah jika semangat yg dibangun dulu tidak dikembalikan. Orang tua harus berperan lebih, jgn hanya menyerahkan tanggungjawab itu kepada guru karena akan sia2.  Ingatlah bahwa segala sesuatu dimulai dr asalnya (rumah).. Selamat beraktivitas dan salam pendidikan.. #pendidikan

CARA CEK PIP

SIPINTAR Enterprise | Sistem Informasi Indonesia Pintar https://share.google/a9xB7FHbIKGiC1lFC